Wisata Keren Di Pantai Teluk Hijau Banyuwangi Yang Mempesona

Wisata Keren Di Pantai Teluk Hijau Banyuwangi Yang Mempesona - Banyuwangi merupakan kabupaten sekaligus kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa.

Kota dengan luas 5.782 km2 ini memiliki keindahan wisata alam dan bahari yang sudah populer bagi wisatawan. Sebut saja Kawah Ijen, lokasi wisata yang menawarkan keindahan yang berada di puncak Gunung Ijen.


Pesona Pantai Pulau Merah dan Pantai Plekung juga sudah dikenal oleh wisatawan yang menyukai kegiatan berselancar. Kota yang juga dikenal dengan julukan The Sunrise of Java ini memang di kenal memiliki banyak pantai.

Salah satu pantai yang memesona adalah Teluk Hijau (Green Bay). Pantai dengan keindahan laut yang masih alami dengan hamparan pasir putih lembut.

Teluk Hijau adalah obyek wisata pantai yang berada dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari Kota Banyuwangi. Lokasinya berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran yang berjarak sekitar 90km  dari pusat kota Banyuwangi.

Pantai Teluk Hijau berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Banyuwangi kearah selatan, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Disepanjang perjalanan untuk menuju tempat ini, anda akan disuguhi oleh pemandangan yang menyejukkan mata. Sungai nan bersih dengan pohon – pohon hijau dan teduh disekelilingnya, juga hamparan sawah dan bukit yang hijau. Setelah melewati pantai Rajegwesi dan melewati perumahan Tsunami. Tibalah dikawasan parkir kendaraan yang terletak di kawasan teluk hijau. Dari sini wisatawan harus memilih apakah menggunakan rute darat atau rute laut. Setiap rute memiliki tantangan dan keindahan tersendiri yang tidak akan terlupakan.

Pantai ini terletak di sebuah teluk. Karena lokasinya itu maka tempat ini disebut Pantai Teluk Hijau.

Jarak dari pusat kota Banyuwangi ke Teluk Hijau kurang lebih 90 km. Tepatnya berada di Kecamatan Pesanggaran, Desa Sarongan. Pantai ini masih satu jalur dengan Pantai Pulau Merah.

Untuk mencapai pantai ini wisatawan mesti berjalan sekitar satu kilometer dengan medan jalan yang curam dan penuh bebatuan.

Sebelum sampai ke lokasi, wisatawan akan lebih dahulu menjumpai sebuah pantai bernama Pantai Batu.

Pantai tanpa pasir ini dipenuhi dengan bebatuan di sepanjang bibir pantai. Dari pantai ini, pelancong akan menempuh jarak kurang lebih 300 meter untuk menuju Pantai Teluk Hijau.

Pantai ini berbeda dengan pantai-pantai yang ada di Banyuwangi, warna air lautnya hijau, disebabkan alga yang tumbuh di dasarnya. Pepohonan dan gunung-gunung di sekeliling pantai semakin memperkuat karakter hijau dari pantai ini.

Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah air terjun. Di sini pengunjung bisa membilas tubuh dan merasakan udara yang sejuk.

Banyuwangi juga memiliki taman nasional. Namanya Taman Nasional Baluran. Taman nasional yang berjuluk Afrika kecil di ujung timur memiliki luas 250 hektar.

TN Baluran memiliki beberapa objek dan daya tarik wisata alam yang cukup beragam, terdiri dari kombinasi berbagai bentang alam mulai dari ekosistem laut hingga pegunungan, savana, dan keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan.

Taman ini juga merupakan rumah bagi sekitar 444 jenis flora dan lebih dari 200 jenis fauna. Di taman ini juga memiliki banyak tempat menarik, seperti hutan yang subur, Gua Jepang yang bersejarah, Curah Tangis, dan Sumur Tua.

Pantai Bama menjadi habitat bagi kawanan hewan liar, seperti kera dan berbagai burung langka endemik Jawa Timur.

Untuk sampai di TN Baluran, wisatawan membutuhkan waktu sekitar satu jam berkendara dari pusat kota ke arah Barat. Setiba di gerbang depan Baluran, pengunjung akan memasuki jalanan berbatu. Sepanjang perjalanan terlihat deretan pepohonan yang tumbuh liar layaknya hutan.

Femina menulis di lokasi ini juga terhampar padang rumput cantik bernama Padang Savana Bekol. Bila wisatawan ingin mendapatkan suasana paling cantik, disarankan datang pada bulan September karena rumput-rumputannya sudah menguning semua akibat kemarau.

Di sinilah lokasi terbaik untuk melihat Matahari yang perlahan turun dan bersembunyi di balik Gunung Baluran yang berlokasi di sebelah barat taman nasional ini.

Satu lokasi wisata yang terbilang baru adalah wisata hutan pinus. Wisata pohon pinus berada di Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon.
Share:

CUSTOMER SERVICE